Praktikum Kegunaan Multimeter

Sunday, September 30, 2012

Bagian-Bagian Multimeter, Skala Multimeter, Cara Menggunakan Multimeter, Multimeter, Batas Ukur, Jarum, Skala, 220 V, 250 V, Praktikum Kegunaan Multimeter
Praktikum Kegunaan Multimeter

Praktikum Kegunaan Multimeter

Alat dan bahan

  1. Multimeter analog dengan kepekaan pengukuran 20k/v atau lebih.
  2. Kabel penyidik (probes)

Langkah kerja

  1. Buatlah kelompok belajar (empat orang atau lebih dalam satu kelompok, disesuaikan dengan ketersediaan alat ukur Multimeter).
  2. Catatlah perangkat-perangkat yang terdapat pada Multimeter tersebut, bandingkan dengan konfigurasi Multimeter seperti yang terdapat pada modul ini.
  3. Perhatikan papan skala dari Multimeter, catatlah apa saja yang terdapat pada papan skala.
  4. Perhatikan, apakah jarum penunjuk pada papan skala sudah berada pada posisi angka nol? Jika belum, posisikan jarum dengan memutar sekrup pengatur posisi jarum (preset) dengan menggunakan obeng minus (-).
  5. Gerakkan saklar jangkauan ukur, letakkan pada posisi batas ukur (range) yang bertanda ; ACV, DCV, DCmA, dan Ohm.
  6. Masukkan kabel penyidik (probes) yang berwarna merah ke lubang kabel penyidik yang bertanda (+) atau out, dan yang berwarna hitam ke lubang kabel penyidik yang bertanda (-) atau common.
  7. Letakkan saklar jangkauan ukur pada batas ukur (range) ACV, pertemukan kedua ujung kabel penyidik (probes), bagaimana posisi jarum penunjuk pada papan skala. Catatlah.
  8. Letakkan saklar jangkauan ukur pada batas ukur (range) DCV, pertemukan kedua ujung kabel penyidik (probes), bagaimana posisi jarum penunjuk pada papan skala. Catatlah.
  9. Letakkan saklar jangkauan ukur pada batas ukur (range) DCmA, pertemukan kedua ujung kabel penyidik (probes), bagaimana posisi jarum penunjuk pada papan skala. Catatlah.
  10. Letakkan saklar jangkauan ukur pada batas ukur (range) Ohm pada posisi x1, pertemukan kedua ujung kabel penyidik (probes), bagaimana posisi jarum penunjuk pada papan skala. Gunakan tombol pengatur posisi jarum pada angka nol (zero adjustment) untuk memosisikan jarum pada angka nol. Catatlah.
  11. Letakkan saklar jangkauan ukur pada batas ukur (range) Ohm pada posisi x10, pertemukan kedua ujung kabel penyidik (probes), bagaimana posisi jarum penunjuk pada papan skala. Gunakan tombol pengatur posisi jarum pada angka nol (zero adjustment) untuk memosisikan jarum pada angka nol. Catatlah.
  12. Letakkan saklar jangkauan ukur pada batas ukur (range) Ohm () pada posisi k, pertemukan kedua ujung kabel penyidik (probes), bagaimana posisi jarum penunjuk pada papan skala. Gunakan tombol pengatur posisi jarum pada angka nol (zero adjustment) untuk memosisikan jarum pada angka nol. Catatlah.
  13. Bandingkan kondisi jaru

0 comments:

Post a Comment