Sering Ingusan Padahal Tidak Pilek

Friday, October 19, 2012
Tanya:
Saya suka mendadak meler dan ingusan seperti layaknya sakit pilek, padahal saya sedang tidak sakit. Ini terjadi setiap pagi atau setelah mandi atau mencuci muka. Apa penyebabnya, ya? 

Ade


Jawab:

Dear, Ade

Kemungkinan besar anda mengalami  rhinitis alergi. “Rhinitis” adalah kondisi  peradangan di rongga hidung. Ciri-cirinya yaitu: bersin, hidung tersumbat, rasa gatal di hidung, dan keluarnya lendir dari hidung. Mata, telinga, organ sinus, dan tenggorokan juga dapat ikut mengalami keluhan.  

Penderita umumnya mengeluhkan gejala seperti ini terjadi di pagi hari. Sebagian besar rhinitis disebabkan oleh adanya faktor alergi (Rhinitis alergi). 

Rhinitis alergi merupakan suatu bentuk rhinitis yang sering terjadi dan biasa ditemukan sehari-hari  (terjadi pada kira-kira pada 20 % populasi penduduk di Amerika Serikat). Penanganannya mencakup 3 hal, yaitu:

1. Hindari pencetus alergi yang sudah anda ketahui seperti: debu, bulu binatang tertentu, serbuk sari tanaman, serangga, dll.

2. Obat-obatan: kondisi seperti ini biasanya dikendalikan dengan obat-obatan golongan anti-histamin dan dekongestan. Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

3. Imunoterapi: Jenis terapi ini digunakan pada kondisi rhinitis alergi yang membandel dan sulit dikendalikan dengan obat. Tujuan terapi ini adalah mengurangi sensitifitas (de-sensitifikasi) terhadap faktor pencetus alergi.

Semoga membantu. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment